Pemilihan Ketua LPMK masa bakti 2018-2021 Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Kota Surakarta

Kepengurusan LPMK Karangasen akan berakhir pada bulan Juni 2018, untuk itu kelurahan Karangasem wajib mengadakan pemilihan Ketua LPMK untuk periode 2018-2021 sekaligus  menyusun pengurus untuk kelengkapan lembaga LPMK.

Pada hari senin 23 April 2018 bapak lurah H. Darji, SH. MM. Selaku kepala Keluraham Karangasem mengundang ketua RT Dan Rw serta tokoh tokoh masyarakat se kelurahan Karangasem untuk mengadakan pemilihan Ketua LPMK. Acara Pemilihan ketua LPMK tersebut dihadir juga oleh ibu Endang Sabar selaku  Camat Laweyan kota Surakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagi Indonesia Raya dan doa. Selanjutnya sambuatan dari Kepala Kelurahan bapak H. Darji, SH. MM. Sebagai Kepala Kelurahan yang memberi wawasan dan petunjuk tentang perlunya penyegaran Pengurus LPMK Kelurahan Karangasem.

Setelah sambutan pak Lurah dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban ketua LPMK yang akan beakhir masa jabatannya. Laporan pertanggungjawaban pengurus LPMK diterima dengan baik oleh peserta sidang yang hadir, maka selanjutnya acara pemilihan Ketua LPMK segera dapat dimulai

Acara Pemilihan dipimpin oleh Bapak Drs. H. Thoyib SH. MM,. Sebagai ketua , Ibu Reni Andri Lesari, ST. MM. (Kasi Pemerintahan dan Trantib) sebagai sekretaris dan Budi Santosa, Patmawati , Dewi Wulandari S.Pd sebagai anggota.

Calon ketua LPMK ada 18 orang utusan dari 9 RW yang ada di kelurahan Karangasem, tetapi calon yang hadir dan bersedia dipilih sebagai ketua LPMK malam hari itu 15 orang salah satunya adalah perempuan yaitu ibu Ida Pujiwati.

Bapak Thoyib sebagai ketua sidang menawarkan 2 opsi untuk pemilihan Ketua LPMK :

  1. Pengurus lama dikukuhkan langsung dan tinggal melanjutkan
  2. Pemilihan langsung dari seluruh yang hadir yang mempunyai hak pilih dan dipilih.

Saat dilontarkan opsi pertama, lebih dari separo peserta setuju, kemudian pak ketua sidang menawarkan untuk ditetapkan sebagai Ketua yang baru. Pada saat itu ada calon ketua yang keberatan dan usul untuk diadakan pemilihan langsung dan dikuatkan oleh peserta dari unsur rt yang juga mendukung pemilihan langsung dari yang hadir.

Akhirnya pemilihan Ketua LPMK menggunakan opsi kedua dengan pemilihan langsung. Langkah pertama menghitung jumlah yang hadir kemudian dari yang hadir tersebut diberi secarik kertas untuk menulis piiihannya. Setelah proses berjalan dan sampailah pada acara penghitungan. Hasil penghitungan dari 54 orang yang hadir dan mempunyai hak pilih dan dipilih, 35 suara memilih petahana yaitu bapah Drs. H. Anwari, dengan demikian bapak Drs. H. Anwari mempunyai hak prerogarif memilih pembantunya yaitu sekretaris, bendahara dan seksi seksi yang terkait dengan kegiatan di kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan kota Surakarta.

Proses pemilihan Ketua LPMK Karangasem berjalan dengan lancar, baik dan semua pihak merasa puas dan senang karena pemilihan kali ini berjalan secara demokratis, damai dan menggembirakan. Patut diapresiasi dan dicontoh oleh kelurahan yang lain baik di kota Surakarta maupun di seluruh Indonesia. Demikian laporan liputan Pemilihan Ketua LPMK Kelurahan karangasem oleh Budi Santosa – sekretaris LPMK