Tindak lanjut rembug warga merumuskan Ikon Karangasem Laweyan Surakarta

Menindaklanjuti rembug warga pada akhir Januari 2018 bapak DR. H. Sabar Narimo MM. M.Pd. mencari tahu dari berbagai sumber dan kalangan baik dari akademisi maupun sejarawan dan juga dari pemerintahan kota Surakarta.

Hasil pengumpulan data tersebut dituangkan dalam Seminar Kajian Budaya Karangasem Kleco Kuncara yang diselenggarakan pada tanggal 4 April 2018 di Pendopo Kelurahan Karangasem mulai jam 20.00 WIB dengan nara sumber :

  1. Susanto, M.Hum (Dosen UNS ) dengan tema : “Menggali Filosofi Sejarah Kampung Kleco karangasem
  2. Mukti Raharjo, MM. (Pemkot Surakarta) dengan tema : “Study Pustaka Sejarah Kampung Kleco Karangasem”
  3. Ahmad Fajar Aryanto, M.Sn (Dosen ISI Surakarta) dengan tema :“Visualisasi Pohon Kleco di Era Globalisasi”

Seminar tersebut dimoderatori oleh DR. H. Sabar Narimo, MM. M.Pd. (Dosen UMS)

Peserta seminar terdiri dari rt rw se kelurahan Karangasem dan tokoh tokoh masyarakat serta sesepuh yang masih ada di Karangasem. Disamping itu seminar juga dihadiri oleh anggota legislatif yang tinggal di Karangasem dan sekitarnya, karena kantor dan rumah dinas anggota DPR Kota Surakarta juga berada di wilayah karangasem

Seminar Kajian Budaya Karangasem Kleco Kuncara berjalan dengan lancar dan dapat menggali berbagai macam cerita yang beredar di masyarakat secara turun temurun tentang karangasem.  Hal tersebut dapat dijadikan bahan untuk menyusun rangkaian agenda kegiatan dalam rangka Kirab Budaya Karangasem Kleco Kuncara.